Rabu, 21 September 2011

Macam-Macam Database untuk Pemograman Visual Basic

Bahasa pemograman Visual Basic sangat fleksibel dalam hal database yang digunakan. Ini memberi banyak pilihan kepada programmer untuk menentukan database yang pas untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan program.

Setiap database yang digunakan memiliki kelamahan dan kelebihannya masing-masing, tergantung dengan kebutuhan program yang diinginkan. Saya akan coba mengulas satu per satu beberapa database yang sering digunakan. Semoga informasi ini dapat menjadi refrensi berguna bagi Anda untuk menentukan database yang cocok untuk program yang Anda buat. Beberapa pilihan database yang bisa digunakan dalam pemograman Visual Basic, diantaranya :


1. VisData - Visual Data Manager (bawaan dari Visual Basic)
VisData adalah database bawaan dari bahasa pemograman Visual Basic. Kelebihan dari VisData adalah sangat mudah dibuat, karena VisData merupakan bagian dari VB. Koneksinya pun cukup mudah, wajar jika banyak pemula VB mengandalkan VisData untuk perancangan databasenya. Ekstensi file VisData dalam format Microsoft Acces *.mdb, jadi VisData dapat digunakan jika program Microsoft Access Anda bermasalah. Kekurangannya adalah penyimpanan datanya yang sangat terbatas, tidak adanya support terhadap keamanan data, misalnya dengan memproteksi database.

2. Microsoft Access
Ini adalah database yang paling populer digunakan oleh pemograman. Pemakaianannya juga cukup mudah, orientasi pemakaian database Microsoft Access untuk program dengan transaksi berskala kecil hingga menengah. Dengan limit hingga 2 Gbyte, Microsoft Access menjadi primadona program untuk perusahaan kecil dengan single user. Kelemahananya, program dengan database ini memerlukan langkah-langkah extra untuk sharing jika dipaksakan berbagi ke pengguna lainnya (multi user program). Nanti akan saya jelaskan bagaimana sharing dengan database yang satu ini.

3. MySQL
Kapasitas database ini lebih baik dari Microsoft Access, limitnya hingga 4 Gbyte. Kelebihannya database ini bisa didapat dengan gratis karena open source database. Lumayan cepat, mendukung multi platform, jadi dapat digunakan hampir disemua sistem operasi. Koneksinya juga cukup mudah dimengerti. Berminat gunakan database yang satu ini ...Anda dapat mengunggah MySQl secara gratis di www.mysql.com

4. PostgreSQL
Sama seperti MySQL, PostgreSQL juga open source database, gratis diunggah dan digunakan. Kelbihannya database yang satu ini unlimeted untuk daya tampung datanya. Cuma, sayangnya database ini sepertinya hanya cocok digunakan pada sistem operasi opensouce pula, seperti Linux, dan VBnya pun mesti open source juga Gambas namanya.

5. Oracle
Database oracle adalah database yang sangat ideal untuk programmer saat ini. Dukunganya paling komplit dibandingkan dengan database lainnya. Multiplatform, daya tampung unlimited, cara koneksinya tidak ribet, dan keamanan datanya pun teruji. Sejauh ini hanya Oracle yang bisa dikatakan database yang cukup baik

6. SQL Server
SQL Server merupakan database buatan Microsoft, sehingga hanya bisa dijalankan di sistem operasi Microsoft saja. Kemampuannya cukup mumpuni, hampir sama dengan Oracle, cuma bedanya tidak multiplaform. Selain Oracle, SQL Server yang paling cocok untuk pemograman Visual Basic dengan multi aplikasi dan multi user.

-- Pelangi - Program --

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar