Minggu, 25 September 2011

Kelebihan Membuat Program

Klo saya ditanyakan apa perbedaan membeli program yang sudah jadi dengan program yang dibuat. Agak bingung juga menjawabnya dengan jujur. Klo maunya programmer sich pasti konsumen membuat program saja, sudah pasti harganya jauh lebih mahal. 

Tapi itu semua tergantung konsumen, konsumen adalah raja. Ada banyak program aplikasi yang dengan mudah dapat ditemui di toko buku atau internet. Dengan mengetikkan program aplikasi yang dicari, pada search engine, Anda akan mendapatkan banyak deret program yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong konsumen. Kelemahannya adalah program yang ditawarkan standard, tidak sesuai dengan alur proses aplikasi administrasi yang dikelolah. Adakala banyak fitur yang ga perlu, ada juga fitur yang mestinya ada malah ga pada program yang ditawarkan.



Meskipun begitu Anda dapat mengakali pembelian program dengan meng-customize sedikit dengan programmernya. Sederhananya begini, Anda membeli program yang murah sesuai dengan kebutuhan kemudian minta sedikit perubahan sesuai dengan keinginan Anda kepada programmernya.

Bagaimana klo membuat program ? Apa kelebihan dan kekurangannya. Mari kita ulas satu per satu kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dengan program yang dibuatkan adalah program akan dan pasti disesuaikan dengan kebutuhan dan alur proses kerja yang Anda inginkan. Untuk beberapa alur proses yang tidak standard misalnya cara perhitungan AHP untuk model perekrutan karyawan seperti akan sulit ditemui di pasaran, klopun ada mungkin dengan harga yang sangat mahal.

Kelebihan lainnya Anda bisa memilih fitur-fitur program yang ingin ditampilkan, seperti laporan per periode atau grafik yang ingin ditampilkan. Dan yang pasti semua itu bisa dikondisikan dengan budget yang Anda miliki, tinggal dinegosiasikan dengan sang pembuat program.

Kelemahannya adalah Anda harus bersabar, biasanya pembuatan program memerlukan waktu lebih lama untuk membuatkan sesuai dengan kebutuhan. Kisaran waktunya bisa antara 2 minggu hinga 3 bulan, tergantung tingkat kerumitan program yang dikerjakan. Dan yang pasti, hasilnya akan lebih puas karena sesuai dengan kebutuhan dan alur proses yang diinginkan.

Jika Anda ingin membuatkan program, pilihlah programmer yang telah memiliki track record yang jelas. Lihat portofolionya, walaupun agak mahal yang pasti Anda terjamin dan aman. Yang kedua, perhatikan bugdet, jalan meminta beberapa fitur yang belum Anda butuhkan. Mintalah jaminan dari programmer program sewaktu waktu bisa diupgrade, tinggal menegosiasikan biayanya saja.
 
Semua tergantung konsumen dalam hal ini. Programmer hanya bisa memberikan masukkan dan konsultasi dengan program yang diinginkan.

-- Semoga bermanfaat --

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar