• Pelangi Program - Terpercaya, Profesional dengan Harga Terjangkau
  • Pelangi Program - Terpercaya, Profesional dengan Harga Terjangkau
  • Pelangi Program - Terpercaya, Profesional dengan Harga Terjangkau
  • Pelangi Program - Terpercaya, Profesional dengan Harga Terjangkau

Senin, 26 September 2011

Mari Belajar Membuat Program

Mari belajar membuat program adalah kata-kata rayuan yang kami pakai untuk membuat Anda tertarik dengan pembuatan program. Mengapa demikian penting belajar membuat program ? Sangat-sangat penting jawabannya. Di era yang serba digital seperti saat ini, Anda dan kita semua dituntut cepat dalam mengambil sebuah peluang dan keputusan untuk tetap eksis dan bersaing.

Ada pertanyaan sederhana yang sering dilontarkan ketika seseorang ingin belajar membuat program. Klo ingin menjadi programmer apa saja yang disiapkan ?. Secara sederhana pula saya akan jelaskan. Pertama, yang sangat dibutuhkan seorang programmer adalah tekad, konsistensi dan fokus.

Mengapa demikian penting ? Ya iya lah karena faktor diluar inilah yang akan menentukan konsistensi proses belajarnya Anda. Klo Anda punya itu semua, qta akan beralih ke tahap berikutnya, yaitu spesialisasi yang ingin Anda dalami misalnya Visual Basic, Delhpi, PHP, Visual FoxPro, Bahasa C atau lainnya.

Pilih spesialisasi yang paling menjual, bukankah Anda belajar karena ingin menghasilkan. Klo buat pemula, saya sarankan pelajari VB dulu, karena lebih mudah, VB juga masih eksis di pasar pemograman. Untuk permulaan belajar VB yang harus Anda siapkan adalah softwarenya dulu, yaitu :
- Visual Basic 6.0 / Visual Basic 8.0 / Visual Basic 2000

Untuk databasenya (pilih salah satu atau bertahap pelajarinya) :
- VisData (secaca default tertanam pada VB)
- Microsoft Access (harusnya ini sudah ada)
- MySQL
- SQL Server 2000
- PostgreeSQL
- Oracle (untuk tingkat mahir ya ...)

Jika Anda menggunkan MySQL, SQL Server 2000 atau Oracle, Anda juga harus menginstall ODBC Driver.

Untuk laporannya (pilih salah satu atau bertahap pelajarinya) :
- Data Report (secara default tertanam pada VB)
- Active Data Report
- Crystal Report

Sebagai pemula saya sarakan Anda pelajari secara bertahap, agar Anda bisa lebih mengenal dan mendalami satu persatu kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Tahap berikutnya, siapkan tutor untuk membimbing Anda memulai, mendiskusikan sebuah kasus, merancang, mendesign hingga menjadikannya sebuah program aplikasi yang utuh.

Klopun punya modal pas-pasan, belilah buku yang membahas tutorial pembuatan program berbasis database. Buku ini banyak sekali dijual di pasaran, pilihnya sesuai dengan tingkat pembelajaran Anda yang pemula.

Banyak-banyaklah berlatih dan mencari refrensi dari buku dan internet, karena hal itu akan sangat membantu membuat akan lebih kreatif dan belajar terus menerus. Jangan malu untuk bertanya dalam forum diskusi, karena disitulah sumber ilmu yang paling gratis.

Satu hal lagi yang terpenting, manfaatkanlah ilmu yang sudah Anda miliki untuk memberdayakan hidup Anda dan orang-orang disekililing Anda.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar