Rabu, 18 Januari 2012

Merencanakan dan Merancang Tugas Akhir

Salam bagi Anda mahasiswa / mahasiswi tingkat akhir. Tahun ini Anda akan menghadapi sebuah ujian berat terhadap ilmu yang Anda peroleh selama masa perkuliahan dengan melaksanakan sidang Tugas Akhir maupun Skripsi.

Bagi Anda yang telah mempersiapkannya jauh-jauh hari, hal ini tidak akan menjadi beban yang cukup berarti. Bagaimana bagi mereka yang belum melakukan apapun untuk menghadapi Tugas Akhir atau Skripsi nya ?. Walaupun masih jauh-jauh hari ada baiknya, mempersiapkan dan merencakannya akan lebih membantu Anda untuk memilih yang terbaik.



 Anda berkesempatan memilih judul Tugas Akhir dan Skripsi yang Anda kuasai, Anda dapat dengan rileks melakukan riset dan pengujian terhadap materi yang menjadi point dalam Tugas Akhir dan Skripsi Anda.

Bagaimana memulainya dan apa yang mesti Anda siapkan ?. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah judul, cari dan pilihlah judul dengan materi yang Anda kuasai.  Jangan khawatir, bagi Anda yang belum punya gambaran, pikirkan sesuatu yang dekat dengan kondisi Anda. Misalnya kondisi lingkungan, seperti sistem pembuatan KTP dan Kartu Keluarga, mengubahnya dari proses manual menjadi komputerisasi. Atau apapun yang dekat dengan kondisi Anda berada.


Carilah minimal 3 atau lebih judul yang paling dekat dengan kondisi Anda dan Anda kuasai. Misalnya Sistem Pembuatan KTP dan Kartu Keluarga di Kecamatan XYZ, Sistem Administrasi Bengkel ABC, dan Sistem Pembelian dan Penjualan Barang DFG Butik. Kenapa mesti 3 ?. Karena 3 judul biasanya menjadi persyaratan standard dosen pembimbing untuk meng-ACC judul yang Anda kuasai yang nantinya akan menjadi judul Tugas Akhir atau Skripsi Anda.

Setelah judul didapat, lakukan penelitian terhadap apa yang ingin diperbaiki, biasanya sich mengubah dari sistem manual ke komputerisasi. Untuk itu, dokumen-dokumen manual akan menjadi dokumen pendukung Anda dalam merancang database, tabel dan field nantinya dengan sedikit penyesuaian.

Gali secara mendalam apa yang menjadi poin permasalahan yang akan Anda berikan solusinya melalui program yang Anda buatkan. Setelah itu ke tahap perancangan database, table dan field-field yang ada didalamnya. Untuk merancang databatase diperlukan kemampuan yang cukup dan dokumen pendukung yang lengkap. Hal ini untuk menghindari duplikasi, kesalahan relasi antar tabel dalam database, dan mengurangi field-field yang tidak diperlukan dalam pemograman. Pelajari normalisai untuk membantu Anda.

Tahap berikutnya merencanakan alur jalannya program, bayangkan atau survey dari program-program yang pernah Anda lihat, bisa juga searching di google untuk mempercepat. Maksudnya alur program adalah runutan program misalnya login lalu masuk ke menu utama, dan seterusnya sesuai kebutuhan program yang Anda buat. Pelajari DAD / DFD untuk membantu Anda

Nah ini salah satu point yang tak kalah penting, pembuatan programnya itu sendiri. Bagi Anda yang sudah terbiasa dan sering berlatih mungkin akan menjadi mudah. Namun jangan khawatir bagi Anda yang tak punya waktu karena terbentur kerjaan, Pelangi Program menawarkan bimbingan dan atau sekaligus pembuatannya sesuai dengan database yang telah Anda rancang sebelumnya. Anda yang menetukan 100 % program yang Anda mau.

Hal terakhir yang mesti direncanakan dan dipikirkan adalah apakah program yang Anda buat menjadi solusi dari permasalahan yang sudah Anda angkat menjadi judul Tugas Akhir atau Skripsi.

Mari bersiap sejak dini dan semoga tulisan ini memberi manfaat bagi Anda.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar