Selasa, 20 Desember 2011

Program Custom untuk Kantor





Beberapa klien banyak bertanya kepada saya tentang apa sich yang mereka harus pertimbangkan antara membeli program dengan membuat program yang tentu saja bisa disesuaikan dengan alur dan kebutuhan perusahaan.Banyak diantara mereka ragu antara keduanya.


Jawaban simpel yang bisa saya berikan adalah tergantung kebutuhan dan budget. Menurut saya pribadi, dua hal ini point terpenting dalam hal pertimbangan, sebelum memikirkan hal-hal lainnya yang lebih detail. Point pertama adalah kebutuhan, apakah klien memang sedang dan akan membutuhkan sebuah program aplikasi untuk membantu kegiatan administratif di perusahaannya.


Arus informasi dan data yang hilir mudik pada kegiatan administratif tersebut apakah memang memerlukan sebuah program, untuk membuat lebih efektif dan efesien, dan terlebih lagi informasi dan data itu akan diolah menjadi sebuah laporan yang nantinya berguna dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Jika dianggap sedemikian pentingnya, saran saya Anda membutuhkan sebuah program aplikasi yang lebih rapi, yang mampu mengelolah data dan informasi menjadi sebuah final report untuk pengambilan keputusan. Saya ambil sebuah perumpamaan pada sebuah toko obat.

Tanpa program aplikasi, apakah Anda dapat mengetahui stock hari ini yang sudah dibawah stock minimum apa saja. Apakah Anda dapat mengetahui berapa nilai penjualan periode terntentu dengan nama obat tertentu pada pelanggan tertentu. Jawabannya bisa, namun dibutuhkan banyak catatan dan manusia untuk melakukannya. Keakuratannya dipertanyakan karena dilakukan dengan manual.

Bagaimana dengan program aplikasi ???. Program aplikasi dapat menjalankannya dengan mudah dan cepat. Mengetahui barang dengan stock minimum, nilai penjualan dengan kriteria yang diinginkan. Dan, pada akhir periode, kita akan dapat dengan mudah, cepat dan akurat menghitung total stock, penjualan yang terjadi, pembelian yang terjadi dalam satu periode.

Begitu efisiennya program aplikasi hingga operator yang dibutuhkan cukup seorang untuk melakukan input data. Jika Anda berada di level kebutuhan, saran saya Anda memang membutuhkan sebuah program aplikasi.

Bagaimana dengan bugdet ???. Nah, ini masalah pilihan apakah harus membeli atau membuat program custom. Jika Anda membeli, program bisa langsung Anda gunakan, setelah itu Anda mungkin akan terbentur dengan menu yang ada dalam program. Bisa jadi menu yang ada terlalu banyak, atau malah tidak ada untuk mendukung kegaiatan administratif Anda.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya Anda membuat program yang dapat disesuaikan dengan alur proses administrasi Anda. Gunakan jasa pembuatan program untuk menganalisa kebutuhan informasi yang Anda inginkan. Cari jasa pembuatan program yang berani memberikan garansi terhadap program yang dirancang. Tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kisaran antara 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakannya.

Tapi jika dengan membeli program bisa menjawab kebutuhan administrasi Anda, saya rasa membeli lebih baik, karena bisa Anda gunakan sesegera mungkin. Mungkin permasalahan after sales servicenya yang harus Anda tanyakan kepada distibutor programnya, jaminan yang diberikan sejauh mana.

Pelangi Program berkomitmen memenuhi kebutuhan industri, kantor, perusahaan dan retail untuk mengelolah sistem informasi dengan program aplikasi yang dapat disesuaikan dengan alur proses dan keinginan Anda sebagai klien kami.

Terima Kasih

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar