Rabu, 22 Februari 2012

Membuat Program Pakar

Banyak yang bertanya kepada saya, seberapa sulit membuat aplikasi pakar dibanding dengan aplikasi administrasi perkantoran atau administrasi lainnya. Dahi saya sempat menyerengit mendapat pertanyaan seperti ini. Saya terdiam sejenak mencoba mereview kesulitan-kesulitan yang didapat selama pembuatan aplikasi pakar. Akhirnya saya menemukan jawabannya, yang membuatnya sulit adalah merangkai sekumpulan perintah dalam bahasa pemograman agar mampu mendapatkan solusi dari beberapa kondisi  dan kriteria yang disyaratkan hingga menjadi sebuah keputusan, dengan alur perhitungan disesuaikan dengan pakar yang diambil.


Singkatnya, membuat program agar mampu berpikir ketika disodori beberapa permasalahan dengan solusi yang sudah ditentukan. Sepertinya mudah tapi sulit, tapi kadang sepertinya sulit tapi mudah dikerjakan. Ada beberapa triks yang harus dikuasi dalam pembuatan aplikasi pakar, kuasai perhitungan matematika logika, seperti iterasi, looping, pengurutan data, sortir data, dan banyak lagi lainnya. Karena sesungguhnya data yang diolah adalah data-data kualitatif (bukan angka), dan ini yang membuatnya semakin sulit.

Apapun kesulitan yang didapat, di dalam perjalannya biasanya, programmer menemukan ide baru, pengetahuan baru tentang aplikasi dan coding-coding baru yang sangat membantu. Yang pasti, bagi mahasiswa / i yang sekarang mungkin sedang mengerjakan tugas akhirnya dengan aplikasi pakar, perbanyak refrensi dari buku, forum, milis, dan berkonsultasi dengan sesama programmer lainnya.

Pasti selalu ada jawaban untuk setiap pertanyaan, cuma masalah waktu dan cara menjawabnya mungkin yang berbeda setiap orang. Nah, bagi mahasiswa / i  tingkat akhir yang butuh konsultasi untuk aplikasi pakar, Pelangi Program siap membantu membimbing dan menuntun hingga menjadi sebuah palikasi yang utuh.

Selamat Berkreasi
PELANGI PROGRAM  - 0896 - 370 52452 | mayong1010@gmail.com


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar